Breaking News
Loading...
Back to top
5 Des 2015

Ramuan Alami Tuntaskan Batuk Kering dan Berdahak

13.19

Di zaman modern seperti saat ini, sangat banyak obat batuk ada di pasaran. Dari mulai yang berbahan kimia, ataupun yang berasal dari ekstrak herbal. Nah, kali ini saya bakal mengajak Anda membuat ramuan tradisional untuk menyembuhkan batuk. Tentu dengan bahan-bahan alami yang gampang diperoleh di sekitar Anda.

Obat Batuk Tradisional

Di sekitar kita, ternyata sangat banyak bahan-bahan yang bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan batuk. Salah satunya jahe, jeruk nipis, kapulaga, kayu putih, dan lain-lain.


Asam Jawa serta Gula Merah

Bahan : 10 gr daging buah asam jawa, gula merah seperlunya, serta air panas sebanyak satu gelas.
Langkah penyembuhan : Daging buah asam jawa diseduh dengan satu gelas air panas, lalu ditambahkan gula merah seperlunya. Minum ramuan itu sewaktu masih hangat.

Cabe Jawa serta Madu

Bahan : 6 gr buah cabe jawa kering, madu seperlunya.
Cara penyembuhan : Cabe jawa kering ditumbuk sampai halus, lalu diminum bersama dengan satu sendok makan madu satu kali sehari. Lakukan penyembuhan ini secara teratur hingga batuk sembuh.

Ramuan Jeruk Nipis

Bahan : 1 buah jeruk nipis, kapur sirih seperlunya serta gula batu juga seperlunya.
Cara penyembuhan : Buah jeruk nipis dibelah jadi dua bagian. Bagian yang terbelah dibalur dengan kapur sirih, lantas diamkan beberapa waktu. Kemudian, kulit luar dibakar hingga berbuih. Air jeruk diperas, lantas imbuhkan gula batu. Sesudah tercampur rata, air perasan itu lantas diminum.

Buah Kapulaga

Buah kapulaga atau disebut kapol, ternyata juga bermanfaat untuk menyembuhkan batuk. Caranya, ambillah 5 butir buah kapulaga serta satu gelas air bersih. Buah kapulaga dicuci bersih, lalu di rebus dengan satu gelas air sampai mendidih. Minum air rebusan kapulaga itu selagi masih hangat.

Daun Kayu Putih

Tanaman kayu putih umumnya di ambil minyaknya untuk dipakai juga sebagai minyak telo yang sifatnya menghangatkan. Tetapi nyatanya daun kayu putih dapat juga dipakai untuk mengobati penyakit batuk. Langkahnya, rebus 10-15 gr daun kayu putih dalam tiga gelas air sampai tersisa satu gelas. Lalu airnya diminum sekalian pada saat masih tetap hangat.

Cara Menyembuhkan Batuk Kering

Batuk kering yaitu batuk yang berlangsung tanpa ada dibarengi dahak atau riak serta tanpa ada sekresi pada saluran napas. Mengakibatkan, berlangsung iritasi pada saluran tenggorokan serta muncul rasa sakit.

Umbi Bidara Upas

Bidara upas adalah nama salah satu type umbi-umbian. Selain enak dikonsumsi, seperti singkong rebus nyatanya ubi yang satu ini bermanfaat untuk mengobati penyakit. Salah satunya batuk. Caranya ambillah umbi bidara upas sejumlah satu jari saja. Lalu dipotong-potong tipis, lantas dikunyah serta telan airnya. Sementara ampasnya dibuang.

Jahe Merah

Sudah sejak lama jahe di kenal sebagai rempah bermanfaat menyembuhkan penyakit, termasuk batuk kering. Caranya seperti umbi bidara upas, yakni dengan dikunyah lalu airnya ditelan semnatar ampasnya dibuang.

Cara Menyembuhkan Batuk Berdahak

Batuk berdahak dikarenakan oleh ada peradangan pada susunan lendir saluran pernapasan. Ada batuk berdahak akut lantaran infeksi dikarenakan oleh bakteri atau virus, umpamanya tubercolosa, influenza, serta campak. Di bawah ini ramuan tradisional untuk menyembuhkannya :

Bahan : Air jahe 2 sendok makan, Air kunyit 2 sendok makan, Perasan air satu buah jeruk nipis, Madu asli satu 1 sendok makan.
Cara pengobatan : Parut jahe serta kunyit lantas campur dengan sedikit air serta saring untuk menghasilkan air jahe atau kunyit. Peras 1 buah jeruk nipis serta saring ke gelas, lalu campur 2 sendok makan air jahe serta kunyit, dan 1 sendok madu asli. Minum ramuan itu setiap hari.

Oke, saudara-saudara sekalian, sebangsa setanah air serta seperjuangan. Mudah-mudahan ramuan tradisional tersebut dapat mengobati batuk yang Anda derita.

Salam Tetap Sehat.. Tetap Semangat,,,!!
Jika Artikel Ini Bermanfaat Bantu Share Yuk

1 komentar:

  1. ternyata ada obat batuk sederhana yang mudah, tidak jarang jika lagi batuk susah sekali diobati. padahal sudah mencoba banyak obat batuk.
    cara mengobati sakit gigi

    BalasHapus

 
Toggle Footer