Breaking News
Loading...
Back to top
28 Sep 2013

Yuk, Cari Tahu Fakta Seputar Kesehatan Kuku Jari!

19.21

Kuku, biarpun kecil tapi bagian tubuh ini sangat penting terutama bagi para wanita. Bahkan tak jarang wanita menghabiskan banyak biaya untuk mempercantik kuku. Tak hanya mempercantik kuku, perawatan ini juga dilakukan untuk menjaga agar kuku tetap sehat dan terhindar dari penyakit salah satunya adalah jamur kuku.
Agar dapat merawatnya dengan tepat yuk cari tahu fakta seputar kuku jarimu yang dilansir dari Huffington Post :
Pertumbuhan kuku
Setidaknya dianjurkan untuk memontong kuku minimal 2 minggu sekali. Hal ini karena cepatnya pertumbuhan kuku. Menurut American Academy of Dermatology kuku jari tangan rata-rata tumbuh 3,5 mm per bulannya. Dan kuku jari tengahlah yang tumbuh lebih cepat. Sedangkan kuku jari kaki rata-rata tumbuh 1,6 mm perbulannya.
Kuku juga bernafas
Sama hal dengan tubuh kuku juga butuh bernafas. Bagi kamu yang gemar memakai cat kuku sebaiknya perhatikan hal ini. Memakai cat kuku bisa membuat oksigen tak dapat menembus lempeng kuku dan membuat kuku kering yang menyebabkan kuku rapuh. Selain itu pemakaian cat kuku juga dapat menyebabkan kuku terinfeksi dan menyebabkan tumbuhnya jamur kuku akibat bahan kimia buruk yang terkandung didalam cat kuku.
Kuku adalah jendela tubuh
Kuku adalah jendela tubuh, kesehatan seseorang bisa di cek melalui kuku. Perubahan warna kuku yang terlihat dari kapiler dalam kutikula dapat menandakan berbagai penyakit yang cukup berbahaya. Seperti warna kuku yang kebiruan bisa jadi pertanda seseorang mengalami penyakit paru-paru. Atau warna kuku yang memucat atau bagian kutikula kuku berwarna coklat tua segeralah periksa kesehatan pada dokter ahli.
Kutikula adalah pelindung kuku
Hindari kebiasaan menggigit kutikula atau memotongnya. Karena kutikula dapat melindungi kuku dan jari. Penting untuk menjaga kutikula agar tetap lembab dan lembut. Bagian ini bekerja untuk melindungi kuku dan jari dari patogen yang dapat menyebabkan infeksi. Bila kutikula gunakan pengelupas kutikula yang aman.
Stress menyebabkan kuku tidak mendapatkan nutrisi
Peredaran darah, oksigen dan nutrisi yang tepat bisa mengganggu pertumbuhan kuku. Salah satu hal yang menyebabkan asupan nutrisi pada kuku berkurang karena stress. Asupan nutrisi yang kurang karena stress, membuat kuku rapuh dan tidak bercahaya.

Sumber: dreamersradio

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer