Breaking News
Loading...
Back to top
18 Jul 2013

6 Alasan Anda Harus Minum Air Putih

12.00

Berikut ini merupakan enam alasan air putih bisa membantu segala masalah kesehatan sehari-hari yang menjengkelkan, mulai dari sakit kepala hingga mengurangi berat badan.
Meningkatkan metabolisme: Ingin berat badan turun? Meminum air bisa meningkatkan kemampuan tubuh Anda untuk membakar lemak. Sebuah studi yang diterbitkan “Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism” mengungkapkan, meminum air (sekitar setengah liter) menaikkan tingkat metabolisme sebesar 30 persen pada pria dan wanita sehat. Peningkatan itu terjadi dalam 10 menit namun baru mencapai efek maksimum 30-40 menit setelah minum.

 Sebaliknya, dehidrasi ringan akan memperlambat metabolisme sebesar tiga persen. 


Studi itu juga menyatakan bahwa meminum satu atau dua gelas air sebelum makan bisa membuat Anda kenyang sehingga secara alami mengurangi porsi makan Anda, kata Andrea N. Giancoli, MPH, RD  juru bicara The Academy of Nutrition and Dietetics.
Menjaga jantung Anda

Berbicara mengenai pentingnya air bagi kehidupan... meminum air dalam jumlah yang cukup bisa menurunkan risiko serangan jantung. Sebuah studi yang dilakukan selama enam tahun dan dipublikasikan dalam “American Journal of Epidemiology” menemukan, orang yang meminum lebih dari lima gelas air per hari, kemungkinan 41 persen lebih kecil berpeluang meninggal akibat serangan jantung dalam periode studi tersebut dibandingkan mereka yang meminum kurang dari dua gelas. 


Bonus

Meminum air dalam jumlah cukup juga mengurangi risiko kanker. Penelitian menunjukkan bahwa jika Anda minum cukup bisa mengurangi kanker usus sebesar 45 persen, kanker kandung kemih sebesar 50 persen, dan kemungkinan mengurangi kanker payudara juga.  

Mencegah sakit kepala

Jenis penyakit yang juga paling melemahkan: migrain. Dalam sebuah studi yang dipublikasikan jurnal “Neurology”, para ilmuwan merekrut para penderita migrain dan membagi mereka ke dalam dua kelompok: satu kelompok diminta mengonsumsi plasebo, yang lainnya diminta meminum 1,5 liter air (sekitar enam gelas) sebagai tambahan asupan harian. Setelah dua pekan, kelompok yang meminum air mengalami rasa sakit yang berkurang 21 jam dibandingkan kelompok yang mengonsumsi plasebo, serta penurunan intensitas rasa nyeri. 

Meningkatkan daya otak

Otak Anda butuh banyak oksigen untuk berfungsi secara optimal, jadi meminum banyak air menjamin bahwa organ itu mendapatkan semua yang dibutuhkan. Malah, meminum delapan hingga 10 gelas per hari bisa meningkatkan level performa kognitif Anda sebesar 30 persen.


Dampak sebaliknya

Penelitian menunjukkan bahwa level dehidrasi sebesar satu persen dari berat tubuh Anda akan mengurangi fungsi berpikir, jadi tetap dalam kondisi cukup minum merupakan hal yang super penting bagi kinerja mental Anda.

Membuat Anda kaya

Kebiasaan Anda meminum air menghemat banyak uang dalam jangka panjang. Walaupun 60 persen penduduk Amerika Serikat membeli air kemasan, hal itu masih murah, secara rata-rata, dibandingkan membeli jus, soda, dan khususnya produk Starbucks. Ada lagi hal yang lebih murah: membeli sebuah penyaring. Untuk membuktikan kebiasaan itu bisa membuat Anda kaya, Anda bisa mengganti kebiasan rutin Anda membeli soda saat makan siang dengan hanya membeli air putih atau minta air gratis yang diberikan di tempat makan. Hal itu bisa menghemat anggaran Anda sekitar Rp1,7 juta per tahun!  

Menjaga Anda tetap berkonsentrasi dalam bekerja

Dehidrasi merupakan penyebab utama kelelahan paling umum di siang hari, jadi jika di siang hari Anda merasa sangat mengantuk, ambillah segelas air. Itu juga bisa membuat Anda lebih baik dalam pekerjaan, atau setidaknya mencegah Anda dari kinerja yang buruk. Karena jika level dehidrasi Anda naik walau hanya dua persen, maka bisa memicu masalah daya ingat yang pendek dan kesulitan berfokus pada layar komputer atau pekerjaan Anda.


Sumber: shape magazine

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer